Sabtu, 08 Maret 2014

Mode adjustment HT Alinco DJ 19x     Series 

Perhatian ini hanya untuk teknisi, kalangan amatir atau pengguna tidak direkomendasikan untuk mempraktekannya, saya tidak bertanggung jawab bila ada kesalahan dalam mengaplikasikanya.

Di bawah ini akan saya beberkan sedikit seting pesawat HT Alinco khususnya seri Dj 19-. 
Sebelumnya masukkan frequency 145 Mhz ke memori 1(satu) sampe dengan 16(enambelas) kecuali disebutkan lain dalam uraian dibawah.
---> Untuk DJ 190 masuk servis factory dengan cara, pesawat posisi off, kemudian tekan up       dan down bersamaan, tanpa dilepas tekan power on, setelah hidup lepaskan                       bersamaan, pada display LCD muncul tulisan -chEc- jika prosedurnya benar.

---> Untuk DJ 195/196 cara masuk factory hidupkan pesawat, kemudian kunci papan                 tombol, lalu masukan kode 4 9 0 2 1 7, pada display LCD simbol keylock akan hilang,           tandanya sudah masuk mode adjustment.
      
Untuk mengatur power :

1. High power masuk chanel memory 2(dua), untuk DJ 190 tekan ptt lalu tekan up/down         s/d power maximum yang diinginkan, untuk DJ 195 tekan ptt lalu putar rotary s/d               power max yang dikehendaki. Setelah lepas ptt seting akan tersimpan otomatis.
2. Low power masuk chanel memory 3(tiga), selanjutnya sama dengan diatas tapi untuk           power minimal yang dikehendaki.

Seting kepekaan :

*. Masuk chanel frequency 5(lima), lalu tekan up/down pada DJ 190 atau rotary pada DJ         195 untuk mendapatkan sinyal paling sempurna, tekan Func pada 195 untuk menyimpan          pada 190 tersimpan otomatis.

Seting sinyal S-meter :
*} S-meter(1) adjustment masuk chanel memory 7(tujuh) lalu tekan down pd 190 untuk menyimpan - tekan Func pd 195 untuk menyimpan.catatan pada chanel 7 bisa diisi frequency berapapun hanya untuk referensi sinyal low, cari sinyal paling lemah!.
- S-meter (FULL) masuk chanel memory 8, tekan down untuk menyimpan psd 190, tekan Func pada 195 untuk menyimpan, catatan chanel 8 bisa diisi sembarang frequncy untuk referensi cari sinyal yang paling kuat.



Cara Setting memori Suicom CT 08 / FIRTSCOM FC 08

1. MENU+ON dilayar muncul SELF kemudian ENTER
2. Dilayar Muncul CH-1 artinya Memori 1 yg di set kemudian ENTER saja
3. Dilayar muncul tanda _ _ _ _ _ _ kalau belum di set/ hasil reset atau            151.525 setting pabrikan atau tulis frekwensi yg diinginkan, tuk       duplex       ini adalah receive…ENTER
4. Dilayar muncul OFFSET ( tuk yg pake Tone, DCS, CTCSS setting sendiri bila     posisi OFF pijit dahulu tanda * di kiri bawah.. 
putar       dgn rotary                kemudian ENTER
5. Dilayar muncul tanda spt langkah 3 tuk yg duplex ini adalah frekwensi            transmit kemudian ENTER
6. Dilayar muncul spt langkah 4 ( untuk yg Simplex frekwensi harus sama dgn       yg dilangkah 3 )
7. Yang lainnya di ENTER saja kecuali untuk POW pilih H=High / L=Low ENTER     lagi hingga muncul CH-2 dst untuk setting memori        lainnya kalo sdh di    OFF saja dan pada saat di ON maka sudah tersetting semua memori yg          baru.

Untuk yg FIRSTCOM FC 08  hampir mirip hanya untuk langkah pertamanya TEKAN EXIT + ON

langkahnya ternyata:
-masuk ke mode VFO
-ketik freq. output
-simpan di channel memory, dengan [MR]
-kembali ke mode VFO
-ketik freq. input
-simpan di channel memory yang sama, dengan [PTT]+[MR]

Kalau mudahnya dengan software yg bisa di download di www.puxing.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pertanyaan/Komentar mohon dengan kata-kata yang sopan dan layak,